Sabtu, April 27, 2024

Mangenal RDP/VPS dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Remote Dekstop Protocol atau sering kita dengan dengan RDP adalah perangkat yang bisa kita jalankan secara jarak jauh. Konsep kerja dari RDP ini menggunakan jaringan internet untuk menjalankan. Kita bisa meremote server RDP dimana saja dengan jaringan internet.

Sama seperti Personal computer memilihi hardwere dan softwere, RDP juga memiliki hardwere di berbagai data center diseluruh dunia. Kita bisa menjalankan berbagai program di rdp walaupun tidak diketahui bentuk dari hardwere nya.

Yang kita remote hanyalah system operasinya yang hampir sama dengan system operasi di windows atau linux. RDP sendiri banyak digunakan karena praktis dan mudah diakses. Program yang dijalankan di RDP tidak akan mati kalau server tidak mati. Selain menjalankan program, RDP juga banyak digunakan utnuk ruang penyimpanan awan data-data penting seperti database sebuah aplikasi, website,dll.

Selain google, provider penyedia sewa cloud computing sangat banyak  seperti DigitalOcean, Vultr, Linode, Microsoft Azure, IBM, dan masih banyak lagi. Masing-masing dari provider menawarkan berbagai keunggulan yang berbeda-beda.  Sebelum jauh membahas  ke masing-masing provider penyedia cloud computing kita akan jelaskan bangaimana menggunakan RDP di Personal Computer.

Bagaimana Remote RDP/VPS di PC?

  • Klik menu windows
  • Ketik di pencarian “Remote Dekstop Client”
  • Masukkan IP
  • Masukkan Username
  • Terakhir  masukkan password
  • Klik yes

Bagaimana menggunakan di Adroid dan IOS?

Kelebihan lain dari RDP/VPS bisa diakses melalui smarphone kalian. Yang dibutuhkan hanyalah aplikasi pihak ketiga yang bebas kalian download di Playstore dan App store. Aplikasi meremote RDP yang biasa digunakan adalah RD Client. Silahkan download dan ikuti instruksi selanjutnya sampai server berhasil diremote

Cara Akses VPS melalui PC?

Sama  halnya dengan RDP, VPS juga bisa diremote melalui Personal Computer bahkan bisa diremote menggunakan handphone.

Jika kalian ingin akses vps pada computer yang kalian milliki, pertama kalian harus punya softwere Putty. Jika tidak memilikinya bisa klian download disini. Selanjutnya masukkan IP, Username, dan Passwordnya. Sama dengan akses pada computer, jika kalian ingin akses melalui Handphone juga memerlukan aplikasi pihak ketiga. Untuk jenis aplikasinya sangat banyak jadi kalian tinggal pilih dan download sesuai keinginan kalian.

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Related news
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here