Senin, April 29, 2024

Tips menata SEO website dari 0 sampai page 1 google

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tak sedikit orang mengira SEO adalah cara agar website menyabet ranking teratas di Google. Padahal, konsep itu cuma kulitnya saja, lho.

Namun Jika Anda masuk lebih dalam lagi, ternyata search engine optimization itu tidak hanya bicara tentang ranking saja. Nyatanya, SEO mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website dan blog Anda.

Artinya, visitor tidak hanya asal mampir ke website Anda. Tapi, juga ikut melancarkan Anda dalam meraih tujuan website. Baik itu meningkatkan branding hingga mendongkrak angka transaksi.

Pasti, Anda makin tertarik belajar apa itu SEO, bukan? Tanpa berlama-lama, mari tuntaskan rasa ingin tahu Anda di artikel ini!

Apa Itu SEO?

SEO merupakan kependekan dari “search engine optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.

Dengan SEO, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

Lalu pertanyaannya adalah, dari sekian banyak mesin pencari (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), kenapa sih harus mengutamakan SEO Google?

Jawabannya sederhana: Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet.

Buktinya, setiap hari ada sekitar 3,5 miliar pencarian lewat Google. Tak heran, Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari (Statista).

Suatu hal yang menakjubkan bukan, 3,5 miliar pencarian gogle tidak lepas dengan bloger-bloger yang selalu menyajikan berita yang termasuk dalam data pencarian tadi, bahkan anda berkesempatan menjadi salah satu bloger kelas tersebut.

Mari kita perlajari lebih dalam mengenai cara meningkatkan (SEO) Website anda.

Seiring perkembangan zaman yang sangat lah canggih, sangat membantu kita dalam melakukan sebuah aktifitas. Dalam tanda kutip kita memperkerjakan alat (tools) untuk membantu kita dalam menyelesaikan sesuatu.seperti yang kita bahas sebelumnya mengenai SEO Website, yang sangat lah memerlukan waktu dan juga tenaga,

Namun anda bisa memakai alat bantu ( tools ) untuk mempermudah anda dalam meyabet website rangking tinggi.sebelum itu mari saya jelaskan apa itu SEO tools

Apa Itu SEO Tools?

SEO Tools Adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan kata kunci yang baik, sehingga artikel yang anda buat memiliki kemampuan/ kesempatan memenangkan persaingan di mesin pencarian google. Memiliki artikel dengan keyword yang kuat sangat lah penting,karena keyword yang bagus akan membuat algoritma google menempatkan artikel anda di halaman pertama ( top one page google ).

SEO tools sendiri terbagi menjadi banyak contoh yang siap membantu anda untuk menemukan keyword-keyword kuat yang membawa anda menyabet gelar ( top one page google ). Baik yang versi gratis maupun berbayar,dan juga setiap tools memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing namun masih tergolong memnjadi satu fungsi yaitu meningkatkan SEO.

1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang bisa diinstal secara gratis pada wordpress. Plugin ini sangat populer terutama bagi digital marketing yang mengoptimasi website tertentu dengan tujuan agar websitenya bisa menjadi ( top one page google ).

Bukan rahasia lagi bila plugin yang satu ini memberikan banyak sekali kemudahan seperti membantu sebuah artikel menemukan titik hijau dimana sebagai acuan bahwa seo pada suatu artikel telah bagus dan sesuai.

Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat dalam plugin Yoast SEO :

  1. SEO analysis : Berfungsi untuk analisa SEO serta memberikan saran untuk meningkatkan SEO pada teks artikel yang telah dibuat dan siap di publish.
  2. Readability analysis atau Analisa keterbacaan : Memiliki fungsi untuk menganalisis keterbacaan serta menawarkan saran untuk memperbaiki struktur dan gaya teks pada artikel.
  3. Cornerstone content//Konten landasan : Fitur konten landasan berfungsi untuk menandai dan memfilter konten landasan di situs website yang kamu miliki.
  4. Text link counter/Penghitung tautan : Fitur ini memiliki fungsi untuk menghitung tautan teks agar dapat membantu dalam meningkatkan struktur website. Tautan text ini bisa berupa link atau tautan keluar maupun ke dalam web itu sendiri.
  5. XML sitemaps/Peta situs XML : Peta situs dibutuhkan untuk proses pengindexan di google supaya artikel bisa terdeteksi dan mendapatkan peringkat pada mesin pencari.
  6. Admin bar menu/Menu admin : Menu admin pada Yoast SEO berisi tautan yang bermanfaat sebagai alat pihak ketiga agar bisa analisa halaman dan mempermudah kamu melihat semua pemberitahuan baru.
  7. Security/Keamanan : Untuk fitur security atau keamanan ini bisa dibilang lebih untuk ditujukan pada website yang memiliki beberapa admin atau pengisi konten. Sebenarnya tidak masalah jika tidak ada kendala, namun jika anda merasa ragu dan ingin membatasi setiap admin maka kamu bisa mengaktifkan fitur ini.

Namun ada juga Yoast SEO yang versi premium yang tentunya dengan fitur lenih maksimal juga lengkap.

Ubersuggest

Nah, salah satu tool populer yang bisa digunakan secara gratis adalah Ubersuggest. Tool keyword research batan Neil Patel sang master SEO ini bisa digunakan untuk mencari kata kunci populer. Ubersuggest juga memiliki beberapa keunggulan

1.Domain Overview : Kamu bisa melihat performa kompetitor, mulai dari SEO, content marketing, hingga strategi social media marketing yang mereka lakukan.

2.Top SEO Page : Selain mengetahui performa kompetitor, kamu juga bisa mendapatkan data tentang halaman-halaman teratas dari para kompetitor tersebut, dan mengetahui organic keyword yang mereka gunakan.

3.Keyword Suggestion : Fitur ini memungkinkan pengguna mendapat keyword ideas sebanyak mungkin. Kamu juga mendapatkan data seperti volume, kompetisi, dan tren dari setiap keyword. Informasi tersebut berdasarkan data dari para kompetitor, dan apa saja yang dicari orang-orang di Google.

4.Content Ideas : Di informasi ini, pengguna dapat menemukan berbagai macam ide untuk konten-konten di website mereka. Dengan mengetahui kata kunci konten, kamu bisa melakukan strategi content marketing dengan lebih efektif.

5.Backlink Data : Backlink merupakan salah satu cara untuk mempercepat hasil strategi SEO website. Dengan Ubersuggest, kamu dapat melihat konten apa saja yang sering di link oleh orang-orang.

Nah, dari data tersebut kamu bisa mendekati dan meminta orang-orang itu agar meletakkan link menuju website.

- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Related news
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here